Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

REAKTIVASI BUM DESA, PEMERINTAH DESA MARACANG GANDENG HIPMI PURWAKARTA

REAKTIVASI BUM DESA, PEMERINTAH DESA MARACANG GANDENG HIPMI PURWAKARTA

PURWAKARTA-Desa Maracang menerima kunjungan Badan Pengurus Cabang Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Purwakarta pada Senin (05/06/2023). Kunjungan BPC HIPMI Purwakarta ini dalam rangka program HIPMI Goes to Village. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Desa Maracang dan dihadiri oleh Ketua Bidang 7 Peternakan HIPMI Purwakarta, Kepala Desa Maracang, Kasi Kesejahteraa, Patriot Desa, BUM Desa Desmar Maracang, serta Kelompok Ternak Berdikari.

Pertemuan tersebut digagas bersama oleh Kasi Kesejahteraan, HIPMI, dan Patriot Desa dalam upaya mereaktivasi BUM Desa Desmar Maracang dan berkolaborasi dengan Kelompok Ternak Berdikari. Dalam pertemuan tersbeut pula, dipaparkan HIPMI Goes to Village program Dalam sambutannya Kusnadi selaku Kepala Desa Maracang menyampaikan bahwa saat ini pemerintah desa tengah mendorong revitalisasi dan rekativasi BUM Desa Desmar Maracang, salah satunya melalui rencana bisnis dibidang peternakan. Dia menuturkan bahwa keberadaan TPS3R Berdikari yang dikelola oleh Kelompok Ternak Berdikari harusnya dapat berkolaborasi dengan BUM Desa Desmar Maracang. “Ada kami punya SDM Ketua Kelompok Ternak Berdikari sudah bagus bisa budidaya maggot dan ini kami coba sambungkan dengan BUM Desa jadi bisa bersama-sama kegiatan usahanya.” lanjutnya.

Gayung bersambut, Robih Adiatama pengusaha peternakan yang juga membudidayakan maggot lalat BSF menyampaikan bahwa HIPMI Purwakarta siap berkolaborasi untuk mendorong pengembangan bisnis di bidang tersebut. Selain, akses pasar HIPMI juga akan memfasilitasi pemasaran produk hasil budidaya yang dilakukan oleh desa-desa. “Kami ada target, untuk maggot ini apalagi di Maracang ada TPS3R bisa secara agregat nanti masuk ke dalam target kami. Karena Maracang cukup potensial dari sisi SDM, fasilitas juga ada, pembiayaannya nanti BUM Desa juga masuk. Jadi ini bagus untuk kedepannya. kata Robih dalam paparannya.

Pertemuan ini menjadi awal upaya mereaktivasi BUM Desa Desmar Maracang dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Kelompok Ternak Berdikari dipihak internal termasuk HIPMI Purwakarta dipihak eksternal desa.


Reza Sanjaya

Patriot Desa Maracang

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *