Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

MANTAP!!! DESA MARACANG TERVERIFIKASI NAIK STRATA MENJADI DESA MANDIRI

MANTAP!!! DESA MARACANG TERVERIFIKASI NAIK STRATA MENJADI DESA MANDIRI

PURWAKARTA - Pemerintah Desa Maracang menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun Tahun 2023 pada Rabu (31/5/2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Desa Maracang dengan dihadiri oleh Perangkat Desa, BPD, Patriot Desa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, dan perwakilan unsur masyarakat.

FGD tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan verifikasi tingkat desa terhadap data Indeks Desa Membangun yang sebelumnya telah diinput oleh operator desa. Kusnadi selaku Kepala Desa dalam sambutannya menyampaikan bahwa setelah dilakukan penginputan dan verifikasi Desa Maracang berstatus desa mandiri, sehingga menjadi penting bagi para pihak untuk dapat melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dengan sebaik-baiknya, guna mempertahankan hal baik yang telah dicapai dan meningkatkan indikator yang masih belum tercapai. “Semoga kedepan kita bisa menjadi lebih baik lagi, dan Maracang betul-betul mampu menjadi desa yang mandiri.” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Maracang Atep Lesmana menyampaikan rasa syukur atas pencapaian Pemerintah Desa. “Tentu ini harus menjadi kebanggan kita Pemerintah dan warga Desa Maracang, akhirnya kita bisa menjadi Desa Mandiri. Tapi penting juga kita perhatikan ini adalah sebuah tantangan berat untuk terus berupaya memajukan desa” tegasnya.

Disisi lain, Anggi Aryanti Operator IDM Desa Maracang menyampaikan bahwa proses penginputan melibatkan multistakeholder di desa. Seperti Posyandu, RT/RW, BUM Desa, dan perangkat desa lainnya. “Harapannya kedepan, Pemerintah Desa dapat lebih mendukung proses pemutakhiran ini. Mengingat banyak pihak harus dilibatkan.” tambahnya.

Capaian pembangunan Desa Maracang yang diukur dengan Indeks Desa Membangun, telah menghantarkan desa ini menjadi salah satu dari sekian banyak desa yang berstrata mandiri. Kedepan Desa Maracang akan menghadapi berbagai tantangan untuk membuktikan bahwa desa ini memang memiliki kemandirian bukan sekedar hasil verifikasi diatas kertas.

 

Indra Setyawan

Kasi Kesejahteraan Desa Maracang

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *