Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

kompos kasgot sumber media tanam unggulan karya desa maracang

pengayakan endapan kasgot Sebelumnya sekitar beberapa bulan bumdes desa maracang membuat program di TPS 3R berupa budidaya maggot tapi untuk saat ini program tersebut dalam proses reaktivasi dan dalam prosesnya praja IPDN beserta perangkat desa mengelola sisa endapan maggot yang masih bisa dimanfaatkan sebagai kompos yang baik untuk tanaman dan untuk mendukung reaktivasi kembali TPS 3R maka dimanfaatkannya endapan maggot dengan di sortir atau di ayak dengan jaring dan diambil endapan murninya yang kemudian menghasilkan produk kasgot. Kasgot juga bisa dicampur dengan kompos lain seperti pupuk dari hasil kandang ayam yang bagus untuk menjaga keseimbangan unsur hara yang ada pada tanah dan kasgot ini cukup fleksibel karena dia bisa dicampurkan dengan pupuk kandang ayam tersebut dan menjadikan kasgot yang sebagai media tanam dan dicampurkan pupuk menjadikan kasgot sebagai media tanam yang komplit karena sudah ada pupuknya yang artinya tanaman yang di tanam menggunakan kasgot akan menjadi tanaman yang unggul.

Monitoring proyek pembangunan saluran air di RW 6 desa maracang

Desa maracang membuat saluran air sepanjang 178,5 meter di rw 6 pembuatan saluran air ini memakan biaya sebesar Rp. 135.778.000,-(serratus tiga puluh lima juta tujuh ratus tujuh puluh delapan ribu) dan pekerjaan saluran irigasi ini dikerjakan oleh swakelola tim pengelola kegiatan dan pembuatan saluran air ini langsung diketuai oleh pak indra setyawan dan untuk memantau kondisi terkini proyek pembangunan tersebut dilakukan monitoring oleh praja IPDN dan perangkat desa pada kamis, 07 september 2023, dan pengecekan terhadap kondisi pembangunan yang sudah dilakukan baik dari material dan kelayakan untuk dijadikan saluran air dan tujuan dalam pembuatan saluran air ini merupakan inisiasi dalam pencegahan dan penanggulangan bencana banjir jika masuk musim penghujan. Dalam monitoring yang dilakukan kondisi saluran air sudah sangat baik dan kondisi bangunan yang kokoh dan sepanjang saluran dibuat sepenuhnya dengan cukup baik dan kondisi pondasi yang tepat dan terlihat padat dan tidak kosong di dalamnya artinya saluran air yang dibuat sudah cukup layak dan diharapkan siap untuk menampung debit air jika musim penghujan tiba.

Kegiatan Posyandu Rutin Bersama Praja IPDN

Rabu, (13/09/2023) Kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan di Desa Maracang, Kecamatan Babakancikao salah satunya yakni kegiatan posyandu. Kegiatan ini dilaksanakan tiap bulan pada minggu pertama hingga minggu kedua di setiap RW yang ada. Jadwal posyandu pun bergilir setiap harinya, salah satunya yakni kegiatan posyandu yang berada di RW 9.  Kegiatan posyandu ini bertujuan untuk mengukur tumbuh kembang bayi hingga anak anak dibawah usia 5 Tahun dengan cara mengukur berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan lingkar lengan. Dari pengukuran tersebut dapat dipantau tumbuh kembang anak-anak setiap bulan nya. Selain pengukuran tumbuh kembang anak, ada juga pembagian obat cacing untuk memelihara daya tahan tubuh dari anak-anak tersebut.  Selain anak-anak, terdapat juga pemantauan kesehatan bagi ibu hamil yang berada pada RW masing-masing.

Kegiatan Monitoring dari Pihak IPDN terdahap Proses Kinerja Praja di Desa Maracang

Pada Senin, (11/09/2023) Pihak IPDN selaku Panitia Kegiatan Bhakti Karya Praja bagi Satuan Praja Utama Angkatan XXXI berkunjung ke kantor Desa Maracang dalam rangka untuk me-monitoring kinerja yang dilaksanakan praja selama turun di desa ini. Pihak IPDN tersebut terdiri dari Koordinator Bidang Program, Heru Sulistiyo, S. Sos, M.Si dan Seksi Tata Usaha Desa Maracang, Elvis, S.STP.  Arahan yang diberikan merupakan penekanan dari Hasil Rapat Koordinasi Program/Kegiatan BKP Kab. Purwakarta, Kamis 7 Sept 2023 di Kantor DPMD yang dipimpin oleh Kadis PMD dan Asisten 1 Setda, berkaitan dengan optimalisasi WebDesaku, antara lain sebagai berikut : Setiap Kelompok Desa, dibagi menjadi 3 kelompok kerja dgn pembagian tugas sbb: 1). Profile desa; validasi data  profile desa berdasarkan data  profile desa tahun 2022. 2). E-Commers (upload konten promosi produk unggulan desa, terutama yang dikelola oleh Bumdes atau produk unggulan baru) 3). Berita/ pemberitaan pada webDesaku, terkait kegiatan-kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan sosial kemasyarakatan) Diharapkan melalui kegiatan monitoring ini praja mampu mencapai target dalam mewujudkan database desa melalui WEBDESAKU untuk percepatan Pembangunan desa di Kabupaten Purwakarta, terutama Desa Maracang.

Pembagian BLT (Bantuan Langsung Tunai)

Sabtu, 9 September 2023, Pemerintah desa Maracang telah melaksanakan penyerahan Bantuan Langsung Tunai atau yang biasa disingkat dengan (BLT). Pemerintah Desa Maracang, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta membagikan langsung BLT kepada 70 orang warga yang terdaftar sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai. Penyerahan BLT ini dilakukan oleh Kepala Desa Maracang beserta aparatur pemerintah desa yang ber tempat di aula desa